Class

 Class


Dalam bahasa pemrograman C++, sebuah class adalah sebuah konstruksi yang digunakan untuk mendefinisikan tipe data baru. Class menyatukan data (variabel) dan fungsi (metode) yang terkait ke dalam satu entitas tunggal. Class membentuk dasar untuk pemrograman berorientasi objek di C++.

Sintaksis umum untuk mendefinisikan sebuah class dalam C++ adalah sebagai berikut:

class NamaClass {
private:
    // Variabel anggota (data member) yang hanya dapat diakses oleh class itu sendiri

public:
    // Fungsi anggota (metode) yang dapat diakses dari luar class

    // Konstruktor: fungsi khusus yang dipanggil saat objek dibuat
    NamaClass(); 

    // Destruktor: fungsi khusus yang dipanggil saat objek dihancurkan
    ~NamaClass(); 
};

// Implementasi fungsi anggota dapat dilakukan di luar definisi class
NamaClass::NamaClass() {
    // Implementasi konstruktor
}

NamaClass::~NamaClass() {
    // Implementasi destruktor
}

Penjelasan komponen-komponen di atas:

- `NamaClass`: Nama yang unik untuk class yang didefinisikan. Biasanya menggunakan gaya penamaan KapitalAwal (CamelCase) untuk mengikuti konvensi.
- `private`: Bagian ini mendefinisikan variabel anggota class yang hanya dapat diakses oleh class itu sendiri. Ini disebut juga sebagai "encapsulation" atau "enkapsulasi", yang mengamankan data class dan mencegah akses langsung dari luar class.
- `public`: Bagian ini mendefinisikan fungsi anggota (metode) class yang dapat diakses dari luar class. Fungsi-fungsi ini digunakan untuk berinteraksi dengan data class atau melakukan operasi terkait class.
- `Konstruktor`: Fungsi khusus yang dipanggil saat objek dari class dibuat. Biasanya digunakan untuk menginisialisasi variabel anggota class dan melakukan pengaturan awal.
- `Destruktor`: Fungsi khusus yang dipanggil saat objek dari class dihancurkan (misalnya ketika objek tidak lagi digunakan). Biasanya digunakan untuk membersihkan sumber daya yang dialokasikan oleh objek (seperti dealokasi memori dinamis).

Berikut adalah contoh sederhana penggunaan class dalam C++:

class Kotak {
private:
    int panjang;
    int lebar;

public:
    // Konstruktor
    Kotak(int p, int l) {
        panjang = p;
        lebar = l;
    }

    // Fungsi untuk menghitung luas kotak
    int hitungLuas() {
        return panjang * lebar;
    }
};

int main() {
    // Membuat objek dari class Kotak
    Kotak k(4, 5);

    // Mengakses fungsi anggota class
    int luas = k.hitungLuas();

    return 0;
}

Dalam contoh di atas, kita mendefinisikan class `Kotak` dengan variabel anggota `panjang` dan `lebar`, serta fungsi anggota `hitungLuas()` untuk menghitung luas kotak. Kemudian, di dalam fungsi `main()`, kita membuat objek `k` dari class `Kotak` dengan menggunakan konstruktor `Kotak(4, 5)`. Setelah itu, kita memanggil fungsi anggota `hitungLuas()` dari objek `k` untuk menghitung luas kotak, dan hasilnya disimpan dalam variabel `luas`.

Komentar

Postingan Populer